SAYA YAKIN ANDA MAMPU UNTUK ITU
mari kita sejenak berfikir dan sedikit meluangkan waktu
BERFIKIR UNTUK MASA DEPAN
KENAPA ? KARENA KITA DIBERIKAN OTAK
   

Sabtu, 02 Januari 2010

layout pcb untuk pemancar fm

Hoby membuat rangkaian elekronika memang sangat menyenangkan, tetapi bagaimana bila pcb yang ingin kita gunakan tidak kita jumpai dipasaran. Tentunya akan sangat kecewa, namun hal itu bisa kita atasi dengan membuat pcb design sendiri dengan beberapa alat yang cukup sederhana, yang penting perlu ketelatenan.
Pcb yang akan kita buat tidak perlu bahan pelarut pcb, hanya kita perlu mempersiapkan peralatan diantaranya :




Pisau cutter
Pensil
Penggaris
Ampelas halus

Pertama persiapkan pcb yang akan kita buat circuit untuk menempatkan komponen elektronik kita, pilihlah pcb yang bagus, yang tidak mudah terkelupas bila terkena panas solder. Pilih warna tembaga yang cerah tidak buram agar timah mudah menempel. Jangan lupa juga persiapkan gambar rangkaian elektro yang akan kita buat agar nanti kita tidak terlupa jalur-jalur yang akan kita buat.

Kedua gambarlah pola rangkaian pada pcb menggunakan pensil 2B menggunakan penggaris agar jalur bisa dibuat dengan rapi. Setelah selesai pengerjaan pola pada pcb maka sekarang kita akan memotong garis-garis yang telah kita gambar tadi untuk memisahkan jalur satu dengan yang lainnya. Gunakanlah pisau cutter dengan dua pisau didalamnya, maka bekas potongan antara dua mata pisau itulah nantinya yang akan kita kelupas keluar. Setelah keseluruhan pemotongan menggunakan pisau cutter selesai maka teliti kembali jalur-jalur yang telah kita buat apakah sesuai pola rangkaian elektronik pada gambar.

Setelah semuanya selesai maka kita tinggal finishing pcb kita menggunakan ampelas, dan kemudian kita oles dengan timah permukaan pcb tersebut dan hasilnya bisa kita lihat contoh dibawah.




Untuk penempatan komponen tergantung selera kita, bila ingin ditempatkan dibalik tembaga maka kia memerlukan bor pcb dan gambar yang kita buat menjadi terbalik.

1 komentar:

andre vj kdr Kamis, Desember 16, 2010 5:40:00 PM  

berapa biaya membuat pemancar 30 watt?

Posting Komentar

TIME LIFE UPTOWN SATURDAY NIGHT
TIME LIFE UPTOWN SATURDAY NIGHT
free counters

  ©Template by extron-dol.